Bupati Fakfak Serahkan Bantuan BPNT Sembako dan PKH untuk Masyarakat

oleh

Pemerintah Kabupaten Fakfak dibawa kepemimpinan Untung Tamsil dalam lebih dari dua tahun terakhir terus memberikan komitmen dan janji politiknya kepada masyarakat. Salah satu komitmen itu diwujudkan dengan memberikan bantuan sembako secara rutin.

Kali ini, Bupati UT menyerahkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berupa sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi para petani, nelayan dan buruh.

“Ada sekian ribu masyarakat yang perlu diberikan bantuan ini sesuai data yang diusulkan, melalui Dinas Sosial menyalurkan bantuan BPNT Sembako dan PKH bagi petani, nelayan dan buruh,” tuturnya di Kantor Pos Fakfak, Senin (13/03/2023).

Untung Tamsil menyatakan, saat ini pemerintah berkomitmen memberikan program-program yang berdaya guna dan bersentuhan langsung kepada masyarakat. Dalam kurun waktu 2 tahun kepemimpinannya, ia sudah menandatangi surat kepada kementerian terkait untuk memperbaiki data.

“Saya minta tolong perhatikan data baik, melalui dinas terkait akan memverifikasi data. Jadi datang ke kantor Dukcapil untuk merubah datanya, kalau tidak dirubah nanti dapatnya kurang, karena ada program sembako dan PKH,” jelasnya.

Bupati UT senang atas pemberian bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, ia juga berharap hak masyarakat dalam memperoleh bantuan tersebut dimanfaatkan dengan baik.

“Saya berharap manfaatkan anggarannya dengan baik, apalagi sudah mau bulan puasa maka harus manfaatkan bantuan ini dengan baik,” ujarnya.

Selain memberikan BPNT dan PKH, Pemda Fakfak telah memberikan program bantuan di dinas lainnya seperti memberikan bantuan untuk mengantisipasi potensi terjadinya inflasi akibat kenaikan harga BBM.

“Ada juga bantuan di Dinas Koperasi dan UMKM sampai empat ribu dan tahun ini ada dua ribu orang. Tetapi dari semua itu harus perbaiki data. Di kepemimpinan kami banyak bantuan yang kita berikan sesuai program, tetapi harus ada dukungan dari masyarakat semua,” ungkapnya.

Untuk diketahui, penerima manfaat bantuan sembako sebesar 600 ribu, sedangkan penerima manfaat bantuan PKH ditentukan sesuai klasifikasi data masing-masing warga.

Bupati Fakfak Untung Tamsil menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan penerima manfaat bantuan sembako dan penerima manfaat bantuan PKH yang disaksikan Kepala Dinas Sosial Abdul Gani Iba, pihak Polsek Fakfak, Kepala Kantor Pos Fakfak dan masyarakat yang hadir.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Fakfak Abdul Gani Iba menjelaskan terdapat beberapa kriteria yang menerima bantuan PKH maupun sembako yaitu para petani, nelayan dan buruh.

“Kami sudah mencoba perbaiki data di tahun 2022, dan baru 10 distrik yang telah diperbaiki. Tahun kemarin juga kami telah mengirimkan data tersebut ke Kementerian Sosial sebanyak 19 ribu KTP dan KK, tetapi ada aturan baru yang muncul harus dilampirkan foto rumah tinggal, sehingga saat ini ada 7.429 yang muncul untuk mendapatkan bantuan PKH dan sembako, sementara lainnya masih di perbaiki,” jelasnya.

Lebih lanjut Abdul Gani Iba mengatakan, bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan Pemda Fakfak meminta agar menyerahkan dokumen KTP, KK dan foto rumah tinggal kemudian diserahkan langsung ke Kantor Dinas Sosial untuk diproses lebih lanjut.

“Kami juga berkomitmen akan memperbaiki data secara terus menerus,” tegasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.