Bupati Freddy Thie: Indeks Kepuasan Masyarakat di Kaimana Lebih Besar dari Target

oleh

Daswara- Bupati Kaimana Freddy Thie menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2022 dalam Rapat Paripurna bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Pada laporannya, Freddy Thie mengungkapk8an beberapa capaian selama lebih tiga tahun menjadi orang nomor satu di Kabupaten Kaimana.

“Penetapan Indikator Kinerja Utama Kabupaten Kaimana Tahun 2021-2026 berdasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Kaimana Nomor 10 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Tahun 2021-2026,” jelasnya di gedung DPRD Kaimana, Selasa *04/04/2023).

Bupati Freddy Thie menjelaskan mengenai pencapaian indikator kinerja utama Kabupaten Kaimana tahun 2022 dilihat dari beberapa indeks. Namun hal utama yang menjadi acuan adalah nilai laporan akuntabulitas Pemerintah Daerah.

“Indikator kinerja Nilai Laporan Akuntabilitas Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana tahun 2022 belum ada hasil evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, hal ini karena penilaian atas akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2022 dilaksanakan di Tahun 2023,” ujarnya.

Jika dibandingkan dengan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2021, yang hasil penilaiannya diterima pada tanggal 7 Maret 2022 menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kaimana memperoleh nilai 47,05 atau predikat C.

“Penilaian itu menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran masih sangat rendah jika dihubungkan dengan capaian kinerja. Hal ini disebabkan oleh pembangunan budaya kinerja dan penyelengaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemerintah Kabupaten Kaimana sudah mulai berjalan namun masih memerlukan perbaikan,” jelasnya.

Dalam Rapat Paripurna itu, Bupati Freddy Thie juga menjelaskan terkait Nilai Level Maturitas SPIP yang didasarkan pada laporan hasil validasi Penilaian Cepat Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi oleh BPKP Perwakilan Provinsi Papua Barat per tanggal 7 Desember 2022.

“Pemerintah Kabupaten Kaimana memenuhi karakteristik maturitas penyelenggaraan SPIP pada level 3 (Terdefinisi) dengan nilai 3,306 dan skor Manajemen Rasio Indeks (MRI) sebesar 3,063 serta skor IEPK sebesar 2,604,” ungkapnya.

Dari berbagai indikator dan hasil pencapaian yang telah dilaksanakan, Pemerintah Kabupaten Kaimana memperoleh pencapaian dalam meningkatkan kepuasan masyarakat. Tak tanggung-tanggung, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di tahun 2022 meningkat melampaui target.

“Capaian indikator kinerja IKM Sangat Tinggi pada tahun 2022 tercapai melebihi target yaitu sebesar 54,28 atau 108,23% dari target yang ditetapkan sebesar 50,15,” tuturnya.

Dalam menyampaikan laporan LKPJ Tahun Anggaran 2022, Bupati Freddy Thie didampingi Wakil Bupati Kaimana Hasbullah Furuada dan pimpinan perangkat daerah di lingkungan pemerintahan Kabupaten Kaimana. Juga hadir para anggota Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRD Kaimana, serta para pimpinan instansi, dewan adat, tokoh masyarakat, tokoh agama hingga organisasi kepemudaan se-Kabupaten Kaimana.

No More Posts Available.

No more pages to load.