Bupati Freddy Thie soal Kekayaan Laut Indonesia: Ingat, Jalasveva Jayamahe

oleh

Bupati Kaimana Freddy Thie yang juga selaku Bendahara Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) menekankan arti penting menjaga laut Indonesia. Hak itu ia sampaikan dalam sambutan mewakili pengurus di kegiatan APEKSINDO Maritime Fest (AMF).

“Kegiatan bertema “Maritim Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” ini untuk meningkatkan kerjasama antar pimpinan daerah dalam memaksimalkan potensi maritim yang dimiliki oleh bangsa Indonesia,” tuturnya dalam sambutan AMF di halaman Gedung Olah Raga (GOR) Danau Sunter, Jakarta Utara (24/11/2023).

Melalui momentum AMF yang dihadiri perwakilan Pemda se-Indonesia itu, Freddy mengajak semua pihak untuk bertekad menjalin kolaborasi.

“Saya ingin mengajak kepada seluruh pengurus dan anggota ASPEKSINDO untuk bersama menjalin kolaborasi demi membangun daerah kepulauan dan potensi kemaritiman kelautan Indonesia”, ujar Bupati Freddy.

Menurutnya, Indonesia secara geografis sebagai wilayah dengan memiliki 62% adalah laut. Potensi ini bagi Freddy Thie hendak direfleksikan sebagai sebuah berkah yang harus dikelola agar memberi dampak bagi Indonesia, khususnya masyarakat lokal pesisir pantai.

“Saya ingin mengingatkan kita tentang sebutan Jalasveva Jayamahe yang berarti bahwa di laut kita jaya. Ini adalah sejarah kita yang tak boleh dilupakan. Bahwa Indonesia tercatat dalam sejarah pernah berjaya di sektor maritim”, tegasnya.

Freddy Thie menegaskan sejarah kejayaan maritim Indonesia harus diteruskan. Pimpinan daerah kawasan pesisir harus melihat potensi maritim, kelautan serta bahari sebagai peluang untuk menciptakan kemandirian bagi daerah.

ASPEKSINDO Maritime Fest sendiri memiliki sejumlah rangkaian kegiatan diantaranya konsolidasi nasional kemaritiman, Expo UMKM dan kuliner maritim, forum bisnis kemaritiman dan sebagainya. Acara ini juga diwarnai dengan konser musik yang menghadirkan artis dan band musik seperti Slank, Coconut Trees dan Budi Doremi.

No More Posts Available.

No more pages to load.