Bupati UT: Penanganan Sampah di Fakfak 72%

oleh

Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan menyelenggarakan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan agenda Gerakan Pilih-Pilih Sampah.

Peringatan HPSN itu dipimpin langsung oleh Bupati Fakfak Untung Tamsil dan Wakil Bupati Yohana Dina Hindom.

“Kegiatan ini juga sesuai dengan pencapaian target 27% pengurangan dan 72% penangan sampah tahun 2023 Kabupaten Fakfak, sebagaimana tercantum dalam dokumen Kebijakan dan Strategi Daerah (JAKSTRADA) Kabupaten Fakfak,” kata Bupati UT di lokasi perayaan HPSN, Salasa Namudat Areal Reklamasi, Fakfak, Selasa (21/02/2023).

Dalam Arahannya, Untung Tamsil menyebutkan data timbulan sampah nasional tahun 2022 yang tercatat dalam Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Data menunjukkan total timbulan sampah secara nasional sebanyak 18 juta ton per tahun.

“Kabupaten Fakfak turut berkontribusi didalamnya sebanyak 12 ribu ton per tahun berdasarkan hasil estimasi yang termuat dalam JAKSTRADA Kabupaten Fakfak,” jelasnya.

Menurut Bupati UT, Indonesia sebagai negara penghasil sampah kedua di dunia setelah China yang didominasi sampah plastik perlu ada upaya kerja sama dan kolaborasi yang masif untuk mengurangi sampah.

“Hal yang sama juga terjadi di kabupaten Fakfak, sampah plastik berserakan dimana-mana, baik didarat maupun dilaut. Tentu ini sangat memprihatinkan dan mengancam kehidupan manusia dan keberlangsungan flora dan fauna di darat dan dilaut,” ungkapnya.

UT menegaskan bahwa permasalahan sampah bukan semata-mata menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi harus ada keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pengelolaannya melalui multistakeholder yang perlu ditingkatkan.

“Karena keberhasilan upaya pengelolaan sampah memerlukan kolaborasi program baik pusat, daerah, dunia usaha dan masyarakat. Peringatan HPSN ini bertujuan untuk memperkuat peran pemerintah daerah dalam pelaksanaan pengelolaan sampah, juga menumbuhkan partisipasi publik dalam upaya mencapai zero waste dan zero emission melalui gerakan olah sampah dari sumbernya,” tandasnya.

Dalam peringatan HPSN 2023, turut hadir pada rangkaian kegiatan Gerakan Pilih-pilih Sampah yakni Direktur Jenderal Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT; Eko Sri Haryanto, para pimpinan organisasi perangkat daerah, ASN Pemda Fakfak, mahasiswa dan pemuda.

No More Posts Available.

No more pages to load.