DPRD Fakfak Setujui APBD 2023 jadi Perda

oleh

Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fakfak menyetujui dan menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Tahun 2023 menjadi Peraturan Daerah.

Hasil rapat itu disetujui dan ditetapkan oleh seluruh fraksi di DPRD yakni, Fraksi Karya Pembangunan, Fraksi Nasional Demokrat, dan Fraksi Kebangkitan Gerakan Demokrasi.

“Saya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan yang telah menerima dan menyetujui Raperda APBD Kabupaten Fakfak tahun anggaran 2023 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah,” tutur Bupati Fakfak Untung Tamsil di Gedung DPRD Fakfak, Rabu (15/03/2023) malam.

Dalam penetapan hasil Rapat Paripurna DPRD Fakfak masa sidang pertama tahun 2023 itu, Bupati UT juga menyampaikan proses pembahasan hingga ditetapkannya Perda tersebut.

“Setelah melalui pembahasan dan rapat-rapat pleno, maka Dewan telah menyetujui Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah,” ungkapnya.

Menurut Bupati Untung Tamsil, momentum baik itu memperlihatkan komitmen yang sama baik dari eksekutif dalam hal ini Pemda Fakfak dan legislatif untuk mewujudkan pembangunan daerah.

“Ini menunjukkan bahwa antara eksekutif dan legislatif telah memiliki kesamaan dan kesepahaman persepsi dalam merumuskan kebijakan untuk menetapkan program-program pembangunan,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa sejumlah saran dan rekomendasi yang disampaikan oleh fraksi-fraksi dewan pada pandangan umum serta laporan komisi-komisi maupun Badan Anggaran Dewan atas RAPBD 2023 akan menjadi perhatian dan komitmen Pemerintah Daerah. Bahkan untuk APBD tahun selanjutnya.

“Di tahun 2024 selaku Bupati akan berkomitmen untuk melaksanakan penetapan APBD 2024 dengan tepat waktu,”Tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Fakfak Iskandar Tassa menyampaikan APBD Kabupaten Fakfak Tahun Anggaran 2023 yang baru saja disetujui oleh DPRD dalam Sidang Paripurna Dewan sebesar Rp 1,4 triliun atau tepatnya 1.497.069.050.140,.

“Jika dibandingkan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2022 maka nilai tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp. 221.218.823.563 atau presentase 16,43% yang rinciannya tertuang dalam Keputusan DPRD Kabupaten Fakfak Nomor 5 tahun 2023 tentang Persetujuan DPRD Fakfak terhadap Raperda tentang APBD tahun anggaran 2023,”jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Iskandar Tassa menyampaikan berharap Perda APBD Fakfak 2023 fokus untuk pembangunan daerah.

“Atas nama pimpinan dan seluruh Anggota DPRD Kabupaten Fakfak berharap kedepan agar tidak boleh terjadi keterlambatan agenda-agenda kegiatan strategis Pemerintah Daerah yang telah dijadwalkan berdasarkan ketentuan yang berlaku,” imbuhnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.